Jumat, 18 Maret 2011

Era Konvergensi Media


Apa itu konvergensi media ?
Sebelum saya berbicara lebih jauh mengenai konvergensi media,bagaimana konvergensi media yang efektif,apa manfaat nya,serta apa pula dampaknya bagi kita.Lebih dahulu saya membicarakan apa sebenarnya definisi dari konvergensi media itu sendiri.
Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya saluran-saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital. Dalam perumusan yang lebih sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (misalnya, komputer, televisi, radio, dan suratkabar), ke dalam sebuah media tunggal.
Contohnya adalah,saat ini kita menggunakan handphone bukan hanya untuk media komunikasi saja.Tetapi selain sebagai media komunikasi,handphone juga dilengkapi  fitur-fitur lain seperti kalkulator,radio,mp3,camera,alarm,game,dan fasilitas internet.Kita membeli handphone bukan hanya karena faktor komunikasi tetapi juga karena faktor-faktor lain yang terdapat didalamnya. Pengombinasian fungsi-fungsi dari beberapa piranti ke dalam satu mekanisme ini disebut juga konvergensi piranti (device convergence).
Dengan adanya konvergensi media,akan terjadi kerja sama antara jurnalis dari media cetak dengan media online.Hal ini akan menghasilkan berita yang lebih akurat.Dan tentunya dapat lebih menguntungkan bagi para audience.Dengan adanya konvergensi media ini pula maka audience dapat lebih terbuka.Mereka dapat mengontrol dan memilih acara yang bermanfaat bagi mereka.
Konvergensi telah terjadi pada dua aspek utama: teknologi dan industri. Pada aspek teknologi: Konten kreatif telah dikonversikan ke dalam bentuk–bentuk digital standar-industri, untuk disampaikan melalui jejaring pita lebar (broadband) atau tanpa-kabel (wireless), untuk ditampilkan di berbagai komputer atau piranti-piranti seperti-komputer, mulai dari telepon seluler sampai PDA (personal digital assistant), hingga ke alat perekam video digital (DVR, digital video recorder) yang terhubung ke pesawat televisi.Pada aspek industri: Perusahaan-perusahaan yang melintasi spektrum bisnis, mulai dari perusahaan media ke telekomunikasi sampai teknologi, telah menyatu dan membentuk aliansi-aliansi strategis, untuk mengembangkan model-model bisnis baru, yang dapat meraih keuntungan dari ekspektasi konsumen yang sedang tumbuh terhadap konten media yang disesuaikan dengan permintaan (on-demand).

Konvergensi adalah salah satu strategi ekonomi bagi perusahaan komunikasi.Bahkan konvergensi media sudah dikenal oleh perusahaan sejak zaman dahulu. Konvergensi media biasanya muncul karena beberapa alasan,diantaranya adalah dorongan kebutuhan akan beberapa fungsi media dan tekhnologi yang telah memungkinkan berintegrasi nya fungsi – fungsi dari beberapa media tersebut.Contoh konvergensi dalam perusahaan komunikasi adalah antara Media Indonesia dan Metro TV online.Atau merger antara  AOL (American Online) dengan  Time Warner.  
Apa saja dampak konvergensi ?
Sesuatu pasti menimbulkan dampak.Begitu pula dengan adanya konvergensi media ini pasti akan menimbulkan dampak.Entah itu adalah dampak positif maupun dampak negative.Berikut adalah penjelasan mengenai dampak-dampak dari adanya konvergensi media.
Yang pertama adalah dengan adanya konvergensi media maka terjadi perubahan gaya hidup di masyarakat.Saat ini banyak sekali masyarakat yang kecanduan dengan alat-alat tekhnologi.Mereka menjadi masyarakat online karena sebagian besar waktunya dihabiskan didepan laptop mereka.Lepas dari laptop mereka akan langsung menggenggam handphone mereka.Saat ini komputer atau handphone bukan lagi termasuk barang mewah.Sebagian besar rumah dilengkapi dengan computer dan internet.Atau saat ini sangat mudah kita menemui warnet.Dimanapun kita dapat mengakses internet.Begitu pula dengan handphone.Saat ini banyak sekali orang yang memiliki handphone,tidak memandang jabatan dan pekerjaan.
Yang kedua,tidak semua konvergensi media dapat berjalan mulus atau menguntungkan perusahaan.Ada beberapa alasan mengapa sebuah konvergensi gagal bagi perusahaannya.Perusahaan harus benar-benar tahu apakah masyarakat siap menghadapi konvergensi yang dilakukan oleh perusahaan – perusahaan tersebut.Perusahaan harus benar-benar memilih waktu yang tepat untuk melakukan merger dengan perusahaan lainya.
Yang ketiga,jika ada konvergensi yang gagal ada pula konvergensi yang berhasil.Inilah dampak positive konvergensi bagi perusahaan.Karena konvergensi akan meminimalkan pengeluaran dan dapat menambah pendapatan perusahaan.

Tantangan apa saja yang harus dilalui dengan adanya konvergensi media?
Kita semua meyakini,komunikasi konvensional mulai tergeser dengan komunikasi modern dengan maraknya konvergensi.Dan yang menjadi tantangan adalah bagaimana media komunikasi konvensional dapat tetap eksis di saat seperti ini.Bagaimana radio daerah bisa tetap eksis dengan maraknya internet dan TV kabel saat ini.
Tantanganya bagi masyarakat luas sendiri bagaimana kita dapat tetap mempertahankan komunikasi konvensional diantara komunikasi modern saat ini.Dimana saat ini orang lebih memilih berkomunikasi melalui internet dan handphone daripada harus bertemu langsung.Tantangannya adalah bagaimana kita harus tetap mempertahankan face to face communication.Karena menurut saya itulah cara terbaik untuk melakukan komunikasi.Agar pesan yang ingin kita sampaikan dapat diterima sepenuhnya oleh si penerima pesan.Kerana baik pesan verbal atau pun pesan nonverbal akan terlihat semua oleh si penerima pesan.Dari pada jika kita berkomunikasi melalui internet atau handphone,maka hanya pesan verbal saja yang tersampaikan,sedangkan pesan nonverbal tidak akan tersampaikan.Dan hal ini sering menimbulkan apa yang disebut miss communication.
Yang terakhir adalah hubungan antara konvergensi dengan regulasi.Jangan sampai tekhnologi mendahului regulasi,namun inilah yang saat ini umum terjadi.Pada dasarnya ada tiga unsure yang terkait dengan konvergensi media yaitu pasar,negara,dan masyarakat.Dan hal ini harus berjalan secara seimbang.Jangan sampai diantara ketiga unsure tersebut ada yang lebih mendominasi.Perusahaan melakukan konvergensi untuk mendapatkan keuntungan,dan masyarakat merasa diuntungkan pula dengan adanya konvergensi yaitu akan lebih mudah untuk berkomunikasi.Begitu pula dengan negara,pemerintah harus membuat peraturan yang terkait dengan merger perusahaan,yaitu perusahaan yang akan melakukan konvergensi.Jangan sampai konvergensi yang dilakukan perusahaan menyalahi aturan dan justru merugikan masyarakat.



Referensi :

Arismunandar,Satrio.(2010). Memahami Konvergensi Media (Media Convergence).Tersedia dalam:http://satrioarismunandar6.blogspot.com/2010/11/memahami-konvergensi-media-media.html(diakses 18 Maret 2011)


Hermawan,Anang.(2007).Tantangan Masa Depan Konvergensi Media.Terdapat dalam: http://abunavis.wordpress.com/2007/12/09/tantangan-masa-depan-konvergensi-media/(diakses 18 Maret 2011)

 

Setiawan,Judhie.(2009).Konvergensi.Tersedia dalam:http://www.slideshare.net/judhie/konvergensi(diakses 18 Maret 2011)


Kamis, 10 Maret 2011

The Social, Political, Economic, and Cultural Dimensions of Search Engines: An Introduction


Search Engine / Mesin Pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan informasi tertentu. Dalam konteks Internet, informasi yang dicari dapat berupa suatu halaman website, file, informasi tentang seseorang, produk, layanan, dan sebagainya (informasi apapun itu, dan semakin terus berkembang konteksnya sesuai dengan perkembangan teknologi informasi).
Saat ini banyak sekali contoh-contoh search Engine. Diantaranya google, bing, yahoo, ask, baidu, lycos, alltheweb, altavista dan masih banyak lagi. Namun saat ini yang paling besar dari semua mesin pencari tersebut adalah google. Google adalah sebuah mesin pencari fenomenal dia walaupun baru mengalahkan senior-seniornya dalam hal mesin pencarian.
Pada saat ini jutaan pengguna jaringan online banyak yang menggunakan “Search Engine” guna menyelesaikan masalah mereka.Dari anak muda,orang tua,laki-laki atau wanita,dari segala golongan pekerjaan menganggap search engine adalah alat untuk memecahkan masalah mereka.Search Engine digunakan dalam proses sosial  untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pengguna internet dan untuk memperluas informasi mereka.Baik informasi dalam hal kesehatan,ekonomi,pemerintahan,dan jual beli baik barang ataupun jasa.Sekarang search engine yang tersedia tersebut dianggap sebagai salah satu solusi yang efektif untuk menyelesaikan masalah diera digital sekarang ini.Bahkan jika hal ini diteruskan dapat berubah menjadi suatu budaya,budaya menyelesaikan masalah melalui internet.Saat ini yang mencari informasi yang dibutuhkan bukan perorangan saja tetapi juga organisasi atau perusahaan.
Mesin pencari mengumpulkan data / informasi di Internet secara otomatis, kemudian mengindeksnya (mengurutkan, mengelompokkan, dsb) kedalam suatu database dengan kriteria dan algoritma “cara berpikir” mesin pencari tersebut diciptakan. Sehingga ketika seseorang mencari informasi tertentu maka mesin pencari akan menampilkan hasil dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kriteria pencarian yang diinput oleh pengguna.
Para pengguna internet menganggap dengan banyaknya search engine yang tersedia maka akan semakin mudah bagi mereka untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.Banyak istilah-istilah baru muncul seiring dengan banyaknya orang yang menggunakan search engine. bagi mereka yang sering browsing di internet nama besar Google sudah tidak asing lagi ditelinga masing-masing netter.
Search engine memiliki dampak positif dan dampak negative.Pada dasarnya setiap hal pasti memiliki dampak positif serta negatif.Dan saya memiliki pemikiran tersendiri tentang dampak positif dan dampak negative dari search engine.Dampak positifnya adalah dengan banyak nya search engine yang tersedia akan semakin memudahkan pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.Membantu pelajar atau mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas,atau membantu para ahli untuk mendapatkan acuan atau referensi bagi makalah mereka.Atau bagi pengguna internet lainnya yang hanya sekedar ingin mendapatkan berita,atau sesuatu yang dianggap menarik.Search engine dianggap sebagai pialang penghubung dari pembuat informasi kepada pengakses informasi tersebut.
Namun,selain memiliki dampak positif dengan adanya search engine ini juga menimbulkan dampak negative.Salah satunya adalah munculnya “budaya copy paste”.Sebagian besar orang langsung mengcopy artikel tersebut tanpa melakukan edit atau revisi.Bahkan ada yang langsung mengcopy tanpa dibaca terlebih dahulu,setelah melihat judul yang dirasa sama dengan apa yang ia cari langsung di copy dan dijadikan acuan.Padahal bisa saja pembuat artikel tersebut sebenarnya bukan lah orang yang berkompeten dibidangnya.
Di artikel tersebut disebutkan bahwa laki-laki dan anak muda harus lebih informative dibanding wanita dan orang tua.Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut.Saya fikir,di era saat ini,bukan hanya laki-laki atau anak muda yang harus lebih informatif namun orang tua dan wanita pun juga harus informatif.Sebagai contoh,saat ini bukan hanya laki-laki yang menjadi pemimpin suatu organisasi,wanita pun bisa.
Mengapa saya katakana demikian?
Seorang pemimpin harus memiliki beberapa criteria untuk memenuhi syarat agar disebut sebagai seorang pemimpin.Salah satunya pemimpin haruslah orang yang informative.Ada beberapa kebiasaan pemimpin yang informative,dan itu semua bisa dilakukan oleh pria maupun wanita.Sehingga bisa dikatakan yang harus lebih informative bukan hanya pria,namun wanita pun juga perlu.
Selain masalah wanita atau laki-laki yang harus memperluas informasi melalui search engine.Di artikel tersebut juga dikatakan bahwa anak muda lebih harus memperluas informasi lebih lanjut melalui search engine dari pada orang tua.Saya juga kurang setuju dengan pernyataan ini,menurut saya bukan hanya anak muda yang butuh untuk memperluas informasi melalui search engine,orang tua pun juga membutuhkannya.Contohnya dalam kehidupan adalah,menjadi dosen adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan perluasan informasi terutama melalui search engine.Dan saat ini dosen-dosen selain terdiri dari anak muda atau lulusan baru,juga terdapat orang tua.Bahkan banyak anggapan orang yang lebih tua akan lebih mudah mengerti tentang informasi apa yang didapat melalui search engine tersebut,dari pada anak muda.Itu dikarenakan orang yang lebih tua dianggap lebih banyak memiliki pengalaman.
Pada akhirnya,kita sebagai pengguna internet mau tidak mau harus menerima banyak nya search engine yang bermunculan di jaringan internet kita.Menurut saya,sebagai pengguna kita tidak boleh hanya diam menerima apa saja yang ditulis dalam sebuah artikel.Untuk mengahadapi semua ini saran saya adalah kita harus lebih berfikir,lebih teliti terhadap hasil pencarian kita.Darimana asal artikel tersebut,siapa penulisnya,apakah sesuai dengan yang kita inginkan.Hal ini menurut saya justru menjadi tantangan baru,dan bisa saja menjadi tantangan yang lebih berat bagi para pengguna untuk tidak hanya copy paste atau percaya pada apapun yang tertera pada artikel tersebut.Kita juga harus menyadari apa dampak positif dan negative dari search engine terhadap diri kita.

Link : http://jcmc.indiana.edu/vol12/issue3/hargittai.html

Referensi :
Sugiarto,Bambang.(2010). SEO Friendly Bagian 1: Apa itu SEO Friendly?.Tersedia dalam: http://www.satublogs.com/web-design/apa-yang-dimaksud-dengan-seo-friendly.html#se1 (diakses 8 Maret 2010)
Furqoni.(2010).Fungsi lain dari Search Engine Google.Tersedia dalam: http://furqoni.blogsome.com/2010/03/19/fungsi-lain-dari-search-engine-google/(diakses 8 Maret 2010)
Pendidikan.(2009).Beberapa Contoh Search Engine.Tersedia dalam: http://seopemula-id.blogspot.com/2009/09/beberapa-contoh-search-engine.html(diakses 8 Maret 2010)





Sabtu, 05 Maret 2011

about this blog :

Blog ini di buat untuk memenuhi tugas "Perkembangan tekhnologi komunikasi",.,.

Di blog ini nantinya akan berisi tugas-tugas atau segala hal yang berkaitan dengan mata kuliah perkembangan tekhnologi komunikasi.,.,

Dan saya membutuhkan kritik dan saran untuk blog saya ini,dan tentunya respon dari hasil tugas saya nantinya,.,


Thanks,.,:)