Rabu, 13 April 2011

Tekhnologi dan Akibatnya

Analog VS Digital

Tekhnologi analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirim melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebutlah yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.
Sinyal analog merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik. Proses pengiriman suara, misalnya pada teknologi telepon, dilewatkan melalui gelobang elektromagnetik ini, yang bersifat variable dan berkelanjutan. Satu komplit gelombang dimulai dari voltase nol kemudian menuju voltase tertinggi dan turun hingga voltase terendah dan kembali ke voltase nol. Kecepatan dari gelombang ini disebut dengan hertz (Hz) yang diukur dalam satuan detik.
Misalnya dalam satu detik, gelombang dikirimkan sebanyak 10, maka disebut dengan 10 Hz. Contohnya sinyal gambar pada televise, atau suara pada radio yang dikirim secara berkesinambungan. Pelayanan dengan menggunakan sinyal ini agak lambat dan gampang error dibangingkan dengan data dalam bentuk digital. Gelombang analog ini disebut dengan baud. Baud adalah sinyal atau gelombang listrik analog. Satu tgelombang analog sama dengan satu baud.Audio Digital adalah harmonisasi bunyi yang dibuat melalui perekaman konvensional maupun suara
sintetis yang disimpan dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas.
Musik Digital menggunakan sinyal digital dalam proses reproduksi suaranya. Sebagai proses digitalisasi terhadap format rekaman musik analog,lagu atau musik digital mempunyai beraneka ragam format yang bergantung pada teknologi yang digunakan,contohnya adalah :
  • Real Audio
Salah satu format yang biasa ditemukan pada bitrate rendah. Format dari RealNetworks ini umumnya digunakan dalam layanan streaming audio. Pada bitrate 128 kbps ke atas RealAudio menggunakan standar AAC MPEG-4.
  • MP3
MP3 (MPEG ,Audio Layer 3)menjadi format paling populer dalam musik digital. Hal ini dikarenakan ukuran filenya yang kecil dengan kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Fraunhofer Institute. Dengan bitrate 128 kbps, file MP3 sudah berkualitas baik. Namun MP3 Pro-format penerus MP3-menawarkan kualitas yang sama dengan bitrate setengah dari MP3. MP3 Pro kompatibel dengan MP3. Pemutar MP3 dapat memainkan file MP3 Pro-namun kualitas suaranya tidak sebagus peranti yang mendukung MP3 Pro.

Inovasi baru di bidang musik adalah musik digital. Banyaknya pemutar musik digital yang mendukung format ini membuat era baru musik digital. Misalnya kalau sebelumnya, musik di-ripped- istilah untuk ekstraksi audio digital – dan terperangkap di PC dan Mac dengan aplikasi semacam iTunes. Kini dengan hadirnya iPod sebagai peranti musik portable canggih yang pernah diciptakan, terjadi perpaduan kenyamanan web dengan portabilitas dan fungsi sebagai sebuah platform yang benar-benar universal. Hal lain yang mendukung transformasi media sang musik adalah tindakan label-label besar yang meninggalkan sistem proteksi musik digital atau digital right management (DRM). Sampai tahun 2007 lalu, label-label besar masih tidak yakin penghapusan DRM akan mendongkrak penjualan album karena tanpa hal tersebut musik digital dengan bebas didisribusikan di antara konsumen yang berarti tak ada pemasukan untuk label.


Musik dalam format digital memiliki beberapa keunggulan dibanding musik dalam medium konvensional, yaitu :
  • format yang beragam dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan
  • kualitas copy yang serupa dengan master memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tanpa menurunkan mutu
  • proses penjualan dengan pendekatan single atau satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium konvensional seperti kaset atau CD
Dengan segala kelebihannya, musik digital memiliki beberapa kekurangan juga yaitu :
  • kemudahan perekaman dan penggandaan rekaman memacu terjadinya pembajakan yang tentu saja akan merugikan
  • penyebaran musik digital di Internet tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh label sehingga memengaruhi pemasukan untuk label.
Contoh saja computer, computer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, computer hanya mengenal dua arus, yaitu on dan off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang mampu membuat computer melakukan banyak hal, baik dalam mengenal huruf, gambar, suara, bahkan film – film yang menarik yang akan kita tonton dalam format digital.
Berbeda dengan sistem analog, sistem digital menggunakan rangkaian nomor yang merepresentasikan informasi dan sinyalnya tidak bersifat terus menerus (noncontinuous). Tetapi, penggunaan sistem digital tidak bisa dilakukan begitu saja melainkan memerlukan proses konversi mengingat hingga sekarang teknologi yang ada masih menggunakan standar analog. Proses ini menjadi penting karena kedua sistem ini tidak saling kompatibel. Lebih lanjut, melalui proses konversi inilah yang memungkinkan kita memperoleh segenap manfaat sistem digital meskipun kita masih menggunakan alat-alat analog.

Isu terakhir dalam perkembangan teknologi modern adalah mengenai standar. Mirabito dan Morgenrsten (2004:19) menjelaskan standar sebagai sejumlah parameter teknis yang mengatur system dan perelatan komunikasi. Standar-standar tersebut mendikte bagaimana informasi itu dibuat, disimpan, dan dirubah. Isu mengenai standar ini menjadi penting karena jika standar itu tidak ada, maka menjadi tidak mungkin untuk mengembangkan sistem komunikasi elektronik dan ide kompatibilitas peralatan. Ini bisa diartikan bahwa telepon atau televisi di rumah kita mungkin tidak dapat berfungi dengan baik karena tidak disesuaikan dengan sistem yang berlaku di daerah kita. Selain itu, standar akan membantu menggaransi bahwa peralatan yang kita beli sekarang tidak akan cepat tergantikan dengan alat baru yang lebih kompatibel di hari esok.
Referensi :
Ayunyaikko.(2010).Perbedaan Tekhnologi Analog dan Digital.Tersedia dalam : http://blog.ub.ac.id/ayunyaikko/2010/03/04/perbedaan-teknologi-analog-dan-digital/

(Diakses 9 April 2011)

Previana,Cantika.(2010). Konversi Teknologi Analog ke Digital.Tersedia dalam :

http://blog.ub.ac.id/cantikaordinary/2010/02/26/perkembangan-teknologi-digital/(Diakses 9april 2011)

Wikipedia.(2011).Audio Digital.Tersedia dalam : http://id.wikipedia.org/wiki/Audio_digital
(Diakses 9 April 2011)
Buku :
Communication Technology Update and Fundamental.Karya August E. Grant
Jennifer H. Meadows





Computer Technology :Legal Issues,Y2K,and Artificial Intelligence

Legal Issue:Pembajakan software

UU no 19 tahun 2002, tentang Hak Cipta

BAB I  : KETENTUAN UMUM 
Pasal 1 , ayat 8 :
Program Komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut. 

BAB II  : LINGKUP HAK CIPTA
Pasal 2, ayat 2 :
Pencipta atau Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan Program Komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.  
Pasal 12, ayat 1 :
Dalam Undang-undang ini Ciptaan yang dilindungi adalah Ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, yang mencakup:
a. buku, Program Komputer, pamflet, perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain;  
Pasal 15 :
Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:
a. Penggunaan Ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta;

e. Perbanyakan suatu Ciptaan selain Program Komputer, secara terbatas dengan cara atau alat apa pun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum, lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan, dan pusat dokumentasi yang nonkomersial semata-mata untuk keperluan aktivitasnya;
g. Pembuatan salinan cadangan suatu Program Komputer oleh pemilik Program Komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri.

Diatas adalah pasal-pasal yang menjelaskan tentang pembajakan piranti lunak,yang sudah dianggap sangat memprihatinkan di kalangan masyarakat saat ini.Masalah pembajakan software di Indonesia sangat tinggi.Bahkan saat ini Indonesia masuk ke urutan 8,sebagai negara dengan kasus pembajakan software terbesar di dunia.
Sudah menjadi hal yang biasa seseorang melakukan pembajakan software.Karena saat ini banyak alat yang mendukung untuk digunakan.Kita dapat melakukan pembajakan software dimanapun,dan kapanpun.Pembajakan software dapat dilakukan untuk keuntungan pribadi maupun kelompok.Contoh pembajakan software untuk keuntungan pribadi adalah ketika kita download music melalui 4shared.com.Dan contoh pembajakan yang dilakukan oleh sekelompok orang adalah pembajakan DVD.Agar software tidak mudah dibajak maka dibuatlah “dongle”.
Dongle adalah sebuah alat yang terkoneksi di LPT port (port printer) ataupun berupa USB (seperti flash disk) pada sebuah komputer. Fungsi dari dongle ini adalah untuk memproteksi sebuah/beberapa program (software). Jadi software tersebut baru dapat dijalankan/digunakan bila dongle tersebut terkoneksi dengan komputer. Tujuan dari developer sendiri agar software yang mereka buat tidak dapat dicopy & diinstall disembarang komputer tanpa lisensi (dongle) tersebut.Cara mudah untuk mengetahui jenis dongle adalah dengan melihat fisiknya ataupun diketahui pada saat installasi software.
Orang selalu menganggap pencurian software berbeda dengan pencurian uang atau barang.Padahal menurut saya sama saja.Pencurian software juga satu bentuk pencurian yang harus dipidanakan.

Y2K
Masalah Tahun 2000 atau lebih dikenal dengan Inggrisnya Y2K (Year 2 Kilo) adalah kesalahan perhitungan oleh komputer yang disebabkan oleh sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi bahwa kedua digit pertama adalah "19". Hal ini dilakukan di tahun 60-an ketika komputer pertama dirancang untuk menghemat media penyimpan, tapi ketika tahun baru 2000 tiba, komputer dapat menunjukkan tanggal yang berubah dari 31 Desember 1999  ke 1 Januari 1990
Kesalahan ini dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar karena komputer juga digunakan untuk mengatur fasilitas-fasilitas penting seperti PLTN dan pesawat terbang. Sebagai akibatnya banyak perusahaan di seluruh dunia mengadakan pembaharuan di bidang komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras untuk mencegah hal ini. Walaupun kemudian terbukti bahwa tidak ada bencana besar yang memakan korban jiwa, Y2K menyebabkan cukup banyak kesalahan, misalnya kartu kredit yang ditolak karena masa berlakunya habis tahun 2000, tapi dibaca komputer sebagai 1900.
Contoh :
Th 1981à81
Th 1900 à00
Th 2000à00

Artificial Intelegent
Artificial Intelegent adalah kemampuan computer untuk memahami pembicaraan manusia.Contoh umumnya dapat kita temui di “Google brain”.

-Natural Language Processing
Contoh dalam kehidupan nyata adalah ketika kita ingin menghapus apa yang kita ketik di computer,kita tidak bicara dengan computer.Tetapi tersedia tombol “delet”untuk menghapus tulisan tersebut.
-Speech recognition
Yang dimaksud speech recognition adalah sistem proses computer,yang dapat membuat computer mengenali ucapan penggunanya.Contohnya Kita bisa langsung saja bicara pada computer,dan computer akan memproses ucapan kita.Hal ini juga bisa kita temukan di produk mobil.Hal ini dianggap lebih aman bagi tekhnologi yang kita miliki.
-Expert System
Kita bisa menemukannya di Web.Biasa digunakan di kantor-kantor besar.Expert system menghubungkan antara head office missal dengan bagian pemesanan barang.Hanya dengan mengisi isian yang ada lalu d save.dan bagian-bagian yang terkait akan langsung mendapatkan datanya secara otomotis.Hal ini dianggap akan menghemat biaya dan tenaga.
-Computer Vision
Contohnya adalah kita dapat mendapatkan data-data pribadi hanya dari reka wajah seseorang.Kita bisa menemukanya di serial CSI.

Referensi :
Texpadsoft.(2009). Copy Dongle dan Undongle.Tersedia dalam : http://www.texpadsoft.com/services.html (Diakses 9 April 2011)
Wikipedia.(2011).Masalah Tahun 2000.Tersedia dalam: http://id.wikipedia.org/wiki/Masalah_Tahun_2000(Diakses 9 april 2011)

Diambil dari :The New Technologies chapter 4, Karya Michael M.A.Mirabito